HAPPBLESS.COM,- Kamu suka bagun pagi? Good! Tapi kalo suka molor sampai siang, sebaiknya kamu ubah kebiasaamu itu karena kamu melewatkan hal-hal berharga yang Tuhan sediakan di pagi hari buat kamu. Apa aja hal-hal berharga itu? Yuk kita bahas.

“Mari, kita pergi pagi-pagi ke kebun anggur dan melihat apakah pohon anggur sudah berkuncup, apakah sudah mekar bunganya, apakah pohon-pohon delima sudah berbunga! Di sanalah aku akan memberikan cintaku kepadamu!”

Itu adalah kerinduan Raja Salomo pada kekasihnya – Sulamit – yang dicatat di kitab Kidung Agung 7:12. Salomo sangat rindu ingin bertemu Sulamit pada pagi hari. Seperti itulah kerinduan Allah untuk bertemu dengan kita di pagi hari.

Bagaimana yang di maksud mencari Tuhan?

Kamu bisa melakukan seperti berdoa, persembahan pujian bagi Tuhan dan dengan tindakan mu.

Seperti yang di lakukan Yesus:

Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana. ( Markus 1 : 35)

Seperti yang di lakukan Raja Daud :

TUHAN, pada waktu pagi Engkau mendengar seruanku, pada waktu pagi aku mengatur persembahan bagi-Mu, dan aku menunggu-nunggu. (Mazmur 5:4 )

Dan harus kita sadari bahwa kesuksesan diawali di pagi hari karena pagi hari adalah:

Waktu Tuhan mencurahkan berkat.

Tuhan menurunkan manna bagi bangsa Israel setiap pagi selama mereka berjalan 40 tahun di padang gurun menuju Kanaan. Manna adalah makanan pokok bangsa Israel saat itu, tak ada makanan lain. Mereka harus disiplin untuk memungutnya sendiri setiap pagi kalau tidak ingin kelaparan sepanjang hari.

Bagi kita saat ini, manna adalah gambaran makanan rohani yang harus kita ambil setiap pagi untuk kebugaran kerohanian kita. Tapi tidak hanya berkat rohani, manna juga gambaran berkat jasmani yang Tuhan sediakan sejak pagi hari.

Matius 6:33 berbunyi "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu."

Itu sebabnya kita perlu mencari Tuhan terlebih dahulu setiap pagi sebelum memulai segala aktifitas kita.

Waktu kelepasan.

Pagi hari adalah saat Tuhan menolong kita, melepaskan kita dari segala belenggu dan permasalahan. Yesus bangkit bagi kita saat menjelang menyingsingnya fajar yang tertulis di dalam :

Matius 28 ayat 1. Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu. 2. Maka terjadilah gempa bumi yang hebat sebab seorang malaikat Tuhan turun dari langit dan datang ke batu itu dan menggulingkannya lalu duduk di atasnya.

Ayo bangun pagi untuk berdoa supaya kita mendapat pertolongan dari Tuhan.

Hal ini juga ditegaskan dalam kitab Mazmur 46:5 yang berbunyi “Allah ada di dalamnya, kota itu tidak akan goncang; Allah akan menolongnya menjelang pagi.” Dan kita akan bersorak-sorai atas kelepasan yang kita terima seperti Mazmur 30:5 berbunyi “Sebab sesaat saja Ia murka, tetapi seumur hidup Ia murah hati; sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak-sorai”

Waktu kemenangan.

Tuhan memberikan kemenangan pada pagi hari, seperti saat Ia memberikan kemenangan bagi bangsa Israel sewaktu merebut kota Yerikho yang dicatat dalam kitab Yosua 6.

Untuk merebut kota Yerikho, bangsa Israel diperintahkan untuk mengelilingi tembok kota Yerikho sekali setiap pagi selama 6 hari. Dan di hari ke 7 saat fajar menyingsing, mereka berjalan mengelilinginya selama 7 kali dan pada ke 7 kalinya mereka besorak hingga tembok tsb runtuh.

Menurut penelitian, tembok Yerikho jatuh ke luar, bukan ke dalam. Normalnya tembok akan jatuh ke dalam jika mendapat serangan dari depan. Tentunya tangan Tuhan yang meruntuhkannya karena bangsa Israel bersorak memuji Tuhan.

Tuhan akan memberikan kemenangan yang sama untuk segala masalah yang kita hadapi kalau kita berdoa & memuji Tuhan setiap pagi.